Sabtu, 11 Agustus 2007

Belajar SAP darimana?

Belajar SAP darimana? Pertanyaan ini pernah saya tanyakan ke beberapa teman. Ternyata masing-masing memberikan jawaban yang berbeda. Ada yang bilang harus mulai dari BASIS dulu baru kemudian terserah kita, kemudian ada yang bilang mulai dari BASIS, kemudian ABAP, baru melangkah ke modul sesuai dengan pilihan kita. Adapula yang menyarankan mulai dari ABAP baru melangkah ke yang lain. Dan adapula yang mengatakan belajar SAP tidak harus dari BASIS atau ABAP dahulu, tetapi bisa langsung memilih modul yang dipejarari. Dan menurut saya semuanya benar, karena jawaban yang diberikan teman-teman saya berdasarkan pengalaman pribadi yang bersangkutan.

Tetapi bagi saya tahapan untuk belajar SAP yang saya anggap cocok khususnya untuk diri saya adalah dimulai dari ABAP baru melangkah ke yang lain. Pendapat ini dikemukakan kang yayan. Dan hingga saat ini, pendapat ini yang saya anggap paling rasional. Karena saya sendiri pingin menguasai SAP Funcional Finance. Secara sederhana yang mengibaratkan mirip dunia programmer sbb:

BASIS : tukang install dan tukang administrator.
ABAP: tukang program
FUNCIONAL: tukang system analis.

untuk menjadi SAP Funcional Finance tidak harus bisa install dan setup, tetapi setidaknya kita harus bisa program agar lebih mudah dalam menangani masalah.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

thank's
very clear